New York – The Gunner baru saja dihantam dengan hasil buruk. Mantan kaptennya, Patrick Vieira, memberi saran seraya menyebut-nyebut Manajer Red Devils Jose Mourinho.

Akhir pekan lalu The Gunner pulang dari Anfield dengan tertunduk dalam-dalam setelah dilumat 0-4 oleh tuan rumah The Reds. The Gunners tak mampu melepaskan satu tembakan pun ke arah target di laga ini.

Hasil tersebut merupakan kekalahan kedua The Gunner dari tiga partai Premier League awal musim ini, usai tunduk 0-1 dari Stoke City. Kemenangan tunggal sejauh ini adalah saat unggul 4-3 ketika menjamu Leicester City di pekan pembuka.

Sehubungan dengan performa The Gunner itu, Vieira pun angkat bicara. Ia menyebut ada bagusnya Manajer The Gunner Arsene Wenger meracik timnya dengan menambahkan unsur kedisiplinan pada taktik, seperti halnya Mourinho.

“Apa saya ingin tim saya lebih seperti Jose atau Arsene? Saya ingin keseimbangan di antara keduanya,” kata Vieira di Daily Mail.

“Saya ingim tim saya memiliki disiplin seperti Jose tapi dalam kedisiplinan itu juga ada kebebasan berekspresi seperti Arsene. Ia selalu memberi kebebasan kepada para pemainnya. Bagus memiliki kebebasan itu, tapi akan lebih baik lagi kalau mereka juga mencamkan pentingnya aspek taktik.”

“Dengan Jose yang pernah melatih saya di Inter Milan, ia senantiasa fokus pada rincian, memberi informasi kepada para pemainnya agar mereka masuk ke lapangan dan mencamkan taktik. Kemudian ada Arsene yang selalu positif dan menyuntikkan kepercayaan diri kepada para pemainnya apa pun yang terjadi,” tuturnya.

Vieira, yang kini melatih klub MLS New York City FC, juga menyarankan agar para pemain The Gunner saat ini lebih menempa fisik, untuk menambah kemampuan teknik yang sudah mereka miliki, demi mengantisipasi segala macam situasi dan tuntutan dalam pertandingan.

“Saya sangat menikmati permainan The Gunner saat ini, mereka memainkan sepakbola yang bagus. Tapi itu tak cukup untuk memenangi pertandingan maupun kejuaraan. Di masa-masa saya dulu, kami unggul dan punya kemampuan untuk tetap unggul 1-0 walaupun tak bermain dengan bagus,” ucap Vieira.

“Saya bukan mau bilang, ‘Generasi kami lebih baik daripada generasi ini’. Tak logis membandingkan dua generasi karena kita hidup di periode yang berbeda. Tim di generasi kami lebih (unggul) fisik tapi di generasi ini tak diragukan lagi punya pemain-pemain yang lebih oke. Jadi keseimbangan itulah yang harus ditemukan The Gunner.”

“Kami dulu memiliki kemampuan fisik untuk menghadapi segala macam situasi berbeda,” katanya.

(krs/krs)


NO COMMENTS