Roma – Antonio Conte jadi pelatih Italia keempat yang bisa menjuarai Premier League. Apa yang membuat pelatih Negeri Pizza terbilang sukses di Inggris?

Conte membawa The Blues jadi juara Premier League 2016/2017 usai The Blues mengalahkan West Bromwich Albion dinihari tadi.

Pria yang mencuat namanya setelah membawa Juventus merajai Serie A di musim 2012-2014, jadi manajer Italia keempat yang bisa mengangkat trofi Liga Inggris.

Sebelumnya ada nama Carlo Ancelotti yang mengantar The Blues juara musim 2009/10, Roberto Mancini dengan Manchester City musim 2011/12 dan Claudio Ranieri bersama Leicester City di musim 2015/16.

“Saya pikir pelatih Italia adalah yang terbaik di dunia. Manajer kami begitu siap dari segi taktik, lebih baik dari siapapun dan selalu begitu. Pemikiran semacam ini berlangsung sejak lama,” ujar Mancini kepada SFR Sport, dikutip dari Football Italia.

Italia bahkan jadi pemasok pelatih tersukses kedua di Premier League setelah Skotlandia 14 kali juara.

Selanjutnya ada Prancis dan Portugal yang sudah juara tiga kali, dan sekali dari Chile. Ada yang aneh? Ya, tidak ada satu manajer Inggris pun yang bisa berjaya di kompetisi sendiri.

“Pelatih Italia siap bekerja di mana pun, di liga mana pun. Di Inggris, cukup aneh melihat empat pelatih Italia menangkan Premier League. Saya tidak berpikir kalau empat pelatih Iggris bisa memenangkannya dalam 20 tahun terakhir,” sambung Mancini.

“Kami memulai tradisi dan berharap ini bisa berlanjut sebab sangat penting punya seorang Italia unggul di luar negeri,” tegas Mancini.

Namun, keberhasilan manajer Italia tidak diikuti pemainnya. Cuma sekali pemain Italia bisa mengangkat trofi Liga Inggris yakni Mario Balotelli bersama City di musim 2011-2012.

Sejak era Premier League sudah ada 11 manajer Italia yang melatih klub-klub Inggris. Empat di antaranya berhasil merebut titel juara.

(din/rin)


NO COMMENTS