Jakarta – Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Vietnam di laga ketiga Grup B Piala AFF U-18 2017. Ini ujian sesungguhnya skuat Garuda Muda untuk memastikan tiket semifinal.

Bertanding di Thuwunna Stadium, Senin (11/9/2017), pukul 15.30 WIB, kedua tim membawa modal apik. Indonesia dan Vietnam sudah dua kali unggul di fase grup.

Indonesia mengalahkan Myanmar 2-1 dan terakhir menghajar Filipina 9-0. Sementara Vietnam menekuk Brunei 8-1 dan menggasak Filipina 5-0.

Baik Indonesia dan Vietnam sama-sama baru kebobolan sekali. Namun dalam urusan gol, The Golden Stars punya dua gol lebih banyak sehingga memuncaki klasemen sementara.

Laga nanti akan membuahkan tiket semifinal. Dengan poin sembilan, maka tim yang unggul nanti minimal akan menjadi runner up dan tetap lolos ke the big four.

Indonesia punya memori indah kala menghadapi Vietnam di ajang yang sama. Empat tahun lalu, Indonesia menjadi juara usai mengalahkan Vietnam di final. Berimbang 0-0 di waktu normal, tim asuhan Indra Sjafri yang kala itu dihuni Evan Dimas, Hargianto dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh unggul adu penalti 7-6.

Namun patut diingat, kekalahan terbesar Indonesia justru didapat atas Vietnam. Di Piala AFF U-19 2011, Indonesia dihajar 1-6 yang ketika itu juga digelar di Myanmar.

Kemenangan atas Vietnam akan mengantar Indonesia masuk semifinal, seraya menghentikan catatan minor yang tidak pernah menembus fase knock out selepas juara. Di sisi lain, Vietnam selalu lolos ke semifinal dalam empat edisi terakhir.

Kans Indonesia memang terbuka jika melihat permainan apik yang diperagakan di dua pertandingan pertama. Egy Maulana Vikry, yang sudah mencetak empat gol, amat bisa diharapkan bisa melanjutkan ketajamannya.

Selain itu ada juga Feby Eka Putra yang sudah membuat hat-trick dan Muhammad Iqbal yang tampil apik di laga terakhir. Sementara di kubu Vietnam, ada Van Cong yang patut diwaspadai dengan torehan tiga golnya sejauh ini.

Pelatih Indra Sjafri mengatakan sudah mempelajari bagaimana permainan Vietnam.

(din/krs)

NO COMMENTS