Fos-sur-Mer – Timnas Indonesia U-19 menelan kekalahan kedua di Toulon Tournament. Kali ini, ‘Garuda Muda’ ditekuk Republik Ceko 0-2.

Bertanding di Stade Parsemain, Fos sur Mer, Sabtu (3/6/2017) WIB, Indonesia bermain di bawah tekanan sejak awal. Ceko tampil begitu dominan dan mampu menciptakan beberapa peluang.

Pada menit kedua, Michal Hlavaty melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti. Namun sepakannya masih melenceng dari gawang Indonesia yang dikawal Muhammad Riyandi.

Terus digempur membuat gawang Indonesia bobol juga. Di menit ke-13, Ceko unggul 1-0 berkat gol yang dicetak Roman Kasiar. Kasiar menjebol gawang Indonesia lewat sepakan kaki kanan di dalam kotak penalti.

Tertinggal membuat Indonesia mencoba keluar dari tekanan. Beberapa kali pemain depan Indonesia bisa membuat lini penjagaan lawan kerepotan, namun tidak ada ancaman berarti ke gawang Ceko.

Hingga babak pertama berakhir tidak ada gol tambahan tercipta. Ceko unggul 1-0 saat jeda.

Di babak kedua, Ceko mendapat hadiah penalti di menit ke-51 setelah Firza Andika membuat pelanggaran di kotak penalti. Namun Matej Chalus yang baru masuk gagal mencetak gol lantaran bola masih bisa ditepis Riyandi.

Usai gawangnya nyaris kebobolan, Indra Sjafri menarik Hanis Saghara dan Witan Sulaeman dan memasukkan Adha Nurrokhim serta Resky Fandi Witriawan. Namun tidak ada perubahan berarti di lini serang Indonesia.

Meski bisa menciptakan beberapa peluang lewat Muhammad Iqbal dan Egy Maulana Vikri, Ceko malah mendapat gol keduanya lewat kaki Ondrej Sasinka di menit ke-83. Mendapat umpan dari Martin Graiciar, sepakan pemain yang baru masuk itu membawa Ceko memimpin 2-0.

Di sisa waktu, Indonesia tak mampu berbuat banyak. Peluang sempat diciptakan di menit ke-87, namun sepakan Feby Eka Putra masih bisa diamankan penjaga gawang Ceko, Jan Plachy. Ceko pun menjaga keunggulannya hingga laga usai.

Hasil ini membuat Indonesia menelan kekalahan keduanya di Toulon Tournament, setelah sebelumnya ditekuk Brasil 0-1, Kamis (1/6).

Indonesia pun jadi juru kunci Grup C dengan poin nol serta belum mencetak gol sama sekali. Sebaliknya, Ceko perkasa di puncak klasemen dengan poin sempurna dari dua laga. Sebelumnya Ceko mengalahkan Skotlandia 1-0.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Skotlandia di Stade Jules Ladoumegue, Selasa (6/6/207). Sementara Ceko menghadapi Brasil di stadion yang sama.

Susunan Pemain

Republik Ceko: Jan Plachy, Daniel Marecek, Frantisek Cech (Matej Chalus 45′), Alex Kral (Pavel Tkac 45′), Libor Holik, Emil Tischer, Filip Havelka (Martin Graiciar 80′), Ondrej Novotny, Michal Hlavaty, Jakub Rezek, Roman Kaslar (Ondrej Sasinka 66′)

Indonesia: Muhammad Riyandi, Muhammad Rifad Marasabessy (Tri Maulana 70′), Nurhidayat Haji Haris, Rahmat Irianto, Firza Andika, Muhammad Iqbal, Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, Witan Sulaeman (Resky Fandi Witriawan 59′), Egy Maulana Vikri, Feby Eka Putra, Hanis Saghara Putra (Adha Nurrokhim 59′)

(din/mrp)


NO COMMENTS