Jakarta – Keputusan Evan Dimas Darmono dan Ilham Udin Armyn bermain di Liga Malaysia menjadi polemik. Padahal, mereka merantau ke Negeri Jiran bukan semata-mata karena uang.

Evan Dimas dan Ilham bakal berseragam Selangor FA musim depan. Keduanya telah diikat kontrak selama satu musim dengan opsi perpanjangan.

[Baca Juga: Soal Rumor Evan dan Ilham Diminta Putuskan Kontrak dengan Selangor FA]

Keputusan itu justru direspons negatif oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahyamadi. Dia khawatir Evan dan Ilham bakal dipersulit jika sewaktu-waktu dipanggil pelatnas Asian Games 2018.

Dalam prosesnya, muncul rumor Evan dan Ilham diminta untuk memutus kontraknya dengan Selangor FA. Tapi kemudian PSSI melalui sekjend, Ratu Tisha Destria, menyebut tak melarang para pemain, termasuk Evan dan Ilham, bermain di luar negeri.

[Baca Juga: PSSI Tegaskan Tak Melarang Evan dan Ilham Bermain di Luar Negeri]

Agen Evan dan Ilham, Muly Munial, menegaskan kalau para pemainnya tampil di liga asing bukan hanya demi mengejar uang. Dia optimistis Evan dan Ilham bakal memetik banyak pelajaran berharga nantinya.

“Ini soal pengalaman, mereka akan mendapatkan banyak pengalaman yang bagus baik dari sisi mental dan bisa meningkatkan permainan mereka, seperti Andik Vermansah yang bisa dibilang performanya lebih matang,” ujar Muly kepada detikSport, Kamis (21/12/2017).

Memang, jika dikaitkan dengan pendapatan, seperti dikutip dari media terbitan Malaysia, Harian Metro, beberapa waktu lalu, gaji Evan dan Ilham di liga tetangga lebih tinggi. Fasilitas yang didapatkan juga lebih menarik.

Menurut rumor yang beredar, gaji Evan mencapai RM 83 ribu atau setara Rp 269 juta per bulan. Nominal itu jauh lebih besar ketimbang gaji per bulan di Bhayangkara FC, yang disebut-sebut Rp 10 juta.

“Kalau soal itu (nominal pasti) tidak bisa kami sebutkan,” kata Muly.

Selain itu, Evan dan Ilham mendapatkan fasilitas komplit. Termasuk asuransi kesehatan dan keselamatan. Selain itu, mereka mendapatkan mobil dan apartemen. Fasilitas itu setara dengan yang didapatkan oleh Andik Vermansah selama empat musim bermain bersama Selangor FA.

“Untuk fasilitas sama saja, mereka akan dapat apartemen, mobil dan asuransi,” katanya.

(ads/fem)


NO COMMENTS