Jakarta – Dua pemain Indonesia; Evan Dimas Darmono dan Ilham Udin Armaiyn, resmi pindah ke Selangor FA. Raksasa Malaysia itu dikenal hobi memboyong pemain Indonesia.

Evan Dimas dan Ilham Udin menjadi pilar penting saat mengantar Bhayangkara FC menjuarai Liga 1. Performa apik mereka membuat Selangor FA tertarik mengajukan penawaran kontrak.

Tak pakai lama, Evan Dimas dan Ilham Udin langsung menerima pinangannya. Kedua pemain itu ‘menggantikan’ Andik Vermansyah, pemain Indonesia yang justru meninggalkan Selangor FA.

Selangor FA memang hobi memboyong pemain Indonesia. Tercatat ada Bambang Pamungkas, Elie Aiboy, Andik, hingga kini Evan dan Ilham merupakan pemain yang mesti diboyong dari tanah air.

Membela Selangor FA boleh jadi memberi kebanggaan tersendiri bagi pemain Indonesia. Maklum, klub berjuluk The Red Giants itu salah satu tim raksasa di Negeri Jiran. Bahkan jika membicarakan jumlah titel yang dimenangi, Selangor adalah yang paling sukses di Malaysia.

Berdiri pada 22 Februari 1936, Selangor FA menjelma menjadi klub yang disegani di Malaysia. Rentetan gelar bergengsi sukses mereka raih.

Tercatat Selangor FA mengoleksi tujuh gelar divisi teratas Liga Malaysia (Divisi 1/Premier 1/Super League), 33 Piala Malaysia, 5 Piala FA Malaysia, dan 8 Charity Cup. Bukan cuma oke di kompetisi domestik, Selangor juga jadi klub Malaysia pertama yang tampil di Liga Champions Asia (meski saat itu turnamen itu masih bernama Asian Champion Club Tournament).

Dari segi fasilitas, Selangor juga menjadi klub yang cukup komplet. Mulai 2018, mereka akan menggunakan stadion Bukit Djalil yang berkapasitas 87,441 kursi penonton. Kompleks latihan pribadi pun sudah dimiliki yang bertempat di kompleks pemerintahan negara bagian Selangor.

Keberadaan kompleks latihan itu tentu membuat Evan Dimas dan Ilham Udin bisa berlatih dengan baik. Performa terbaik tentu diharapkan mengingat kedua pemain itu juga dibayar mahal dan mendapat fasilitas lengkap.

Pada 2017, Selangor FA finis di urutan enam dengan raihan 9 kemenangan, 6 setara, dan 7 bertekuk lutut dari 22 pertandingan. Selangor mengoleksi 33 poin, tertinggal 16 poin dari Johor Darul Ta’zim yang keluar sebagai juara.

Performa itu tak lepas dari kurang gregetnya para pemain asing Selangor musim lalu. Striker asal Liberia Francis Doe cuma mencetak delapan gol, sementara dua pemain Brasilnya Juliano Mineiro dan Rufinho mencetak lima gol.

Dengan kedatangan Evan Dimas dan Ilham Udin, tentu Selangor berharap lini depannya semakin tajam. Pertanyaannya, mampukah penggawa Indonesia itu membawa kesuksesan seperti Bepe dan Elie Aiboy untuk Selangor?

(yna/din)


NO COMMENTS