Jakarta – Timnas Indonesia bermain seri melawan Vietnam dengan skor 0-0. Hasil itu tak lepas dari penyelamatan ‘tangan-tangan malaikat’ di bawah gawang skuat Garuda.

Vietnam berhasil menekan Indonesia di Stadion Selayang, Malaysia, Selasa (22/8/2017) malam WIB. Beragam serangan mereka lancarkan lewat beragam sisi, namun barisan penjagaan Indonesia yang dimotori Hansamu Yama Pranata masih terlalu tangguh.

Peluang emas Vitenam pertama datang di menit ke-26 lewat sontekan Ho Tuan Tai, yang memanfaatkan umpan silang rekannya dari sisi kanan. Namun, kesempatan tersebut tak membuahkan hasil setelah Satria Tama mampu menghalau bola.

Tak lama berselang, Vietnam kembali menciptakan peluang. Kali ini lewat tendangan dari luar kotak penalti yang dilepaskan Nguyen Phong Hong Duy. Namun, percobaan itu kembali gagal setelah Satria Tama bisa menepis bola keluar lapangan.

Penyelamat penjaga gawang asal Gresik United itu kembali terjadi menjelang akhir babak pertama. Kala itu, Satria Tama berhasil mementahkan sundulan pemain Vietnam yang sudah berdiri bebas.

Di babak kedua penjaga gawang 20 tahun tersebut kembali membuat penyelamatan gemilang. Nguyen Cong Phuong berhasil menggiring bola hingga ke dalam kotak penalti Garuda Muda. Pemain nomor 10 itupun langsung melepaskan tembakan keras ke tiang dekat. Namun, bisa ditepis keluar lapangan oleh Satria.

Penyelamatan tersebut jadi yang terakhir untuk Satria Tama di laga ini, sekaligus penebusan dosanya atas kesalahan saat melawan Malaysia di laga Piala Asia U-23 Juli lalu. Pada menit ke-64 dia ditarik keluar lapangan setelah mengalami cedera.

Kurniawan Kartika Ajie yang belum sepenuhnya fit pasca cedera saat melawan Timor Leste terpaksa harus turun. Beruntung, aksinya di bawah mistar gawang juga memukau.

Puncaknya terjadi pada masa injury time. Ketika itu, dia mampu menepis tendangan Ho Tuan Tai, yang langsung berduel satu lawan satu.

[Gambas:Youtube]

Bola hasil tepisan Kartika Ajie itupun sontak membuat pemain Indonesia kegirangan. Pertandingan berhasil ditutup dengan skor 0-0.

Dengan hasil tersebut, tak salah kalau Satria Tama dan Kartika Ajie terpilih man of the match di laga ini. Atas aksi-aksi Satria dan Kartika, tagar ‘tangan malaikat’ sempat muncul sebagai trending di Twitter. Berkat keduanya, Indonesia masih menjaga kans lolos ke semifinal.

(cas/rin)


NO COMMENTS