Jakarta – Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) menjatuhkan hukuman denda kepada PSSI. Denda ini berkaitan dengan ulah suporter Indonesia pada salah satu pertandingan di SEA Games 2017.

AFC menjatuhkan sanksi denda kepada PSSI sebesar 16 ribu dolar AS (sekitar Rp 217 juta) karena suporter dinilai melakukan pelanggaran pada partai Grup B SEA Games 2017 antara timnas Indonesia dan Kamboja pada 24 Agustus lalu di Stadion Shah Alam, Malaysia.

Kategori hukuman tersebut masuk dalam pelanggaran Kode Etik dan disiplin AFC, artikel 65. AFC menyebut bahwa suporter Indonesia melakukan pelemparan 50-60 botol air minum ke arah lorong pemain usai pertandingan.

AFC juga menyebut ada pelanggaran lainnya, yaitu suporter Indonesia telah masuk ke area lapangan setelah pertandingan tersebut.

AFC meminta kepada PSSI untuk segera membayar denda itu 30 hari setelah keputusan. Jika insiden serupa terulang lagi, AFC tak menutup kemungkinan akan memberikan denda lebih besar.

Menanggapi hukuman itu, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi mengaku siap membayarnya. Tapi, Edy menyesalkan ulah suporter yang membuat PSSI terkena denda.

“PSSI didenda karena suporter tidak mengikuti aturan itu. Terpaksa kami bayar sesuai ketentuan,” ujar Edy di Makostrad, Jakarta, Selasa (31/10/2017).

(ads/mfi)


NO COMMENTS