Jakarta – Sandy Walsh dikait-kaitkan dengan Timnas Indonesia setelah memberikan sinyal lewat instagramnya. Bagaimana rekam jejak pemain Belanda 22 tahun itu?

Dalam tubuh Sandy Walsh mengalir darah Indonesia dari ibundanya, Pemain 22 tahun itu mulai dikaitkan dengan Timnas sejak mengunggah foto 17-an lewat akun instagramnya.

Unggahan itu pun direspons netizen yang berharap Walsh bergabung dengan Timnas sesegera mungkin. pelatih Timnas, Luis Milla, juga senang-senang saja jika Walsh bersedia bergabung dengan skuat Merah Putih.

[Baca Juga: Pamer Bendera Merah Putih dan Logo Garuda, Sinyal Sandy Walsh untuk Timnas?]

Rekam jejak Walsh saat masih sebagai pemain di kelompok umur cukup menjanjikan. Dia masuk skuat Timnas Belanda junior, kelompok umur (U) 15, U-17, U-18, U-19, dan U-20. Dia paling sering main untuk U-17, sepuluh kali tampil. Satu-satunya gol di timnas Belanda dibuatnya saat memperkuat Timnas Belanda U-15.

Walsh, yang lahir di Brussels, meniti karier sepakbolanya di Belgia dengan masuk ke tim junior Anderlecht dan Genk. Debut profesionalnya sebagai bek bermula pada usia 17 tahun, saat bermain untuk Genk di musim 2012/2013. Di musim itu, dia cuma main dua kali.

Jumlah penampilan terbanyak Walsh bersama Genk di level tertinggi Liga Belgia baru dibuat pada musim 2015/2016 dan 2016/2017. Dia berhasil menuliskan 28 penampilan di masing-masing musim di seluruh kompetisi. Walsh cuma memberikan satu gol selama berkostum Genk.

Di musim 2017/2018 Walsh hengkang ke Zulte Waregem. Menurut catatan transfermarkt, Welsh baru bermain sebanyak empat kali di musim ini: tiga kali di liga dan satu di Piala Liga Belgia.

Debutnya bersama Zulte bisa dikatakan istimewa. Dia berhasil mencetak gol kemenangan 2-1 untuk timnya saat menjamu Royal Excel Mouscron pada 17 September 2017. Walsh kala itu main penuh.

Namun, selepas debut yang oke itu, Walsh belum mendapat kesempatan bermain yang memadai. Dia baru bermain dua menit dalam dua laga terakhirnya di liga bersama Zulte. Sementara itu, Walsh tampil selama 84 menit saat Zulte mengalahkan RFC Luttich 3-2 di Piala Liga Belgia.

[Baca Juga: Ini Respons Luis Milla untuk Kode Sandy Walsh]

Musim ini, Zulte tidak hanya tampil di kompetisi domestik. Klub yang kini duduk di posisi keempat dalam klasemen First Division A juga tampil di Liga Europa.

Zulte bergabung ke dalam Grup K bersama Lazio, Nice, dan Vitesse. Namun, dari dua laga yang sudah dilakoni Walsh cuma jadi penghangat bagku cadangan saat timnya dikalahkan Nice 1-5 dan Lazio 0-2.

Menarik menunggu kepastian masa depan Walsh.

(fem/din)


NO COMMENTS