Jakarta – Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menegaskan bahwa Persib Bandung tidak boleh didukung suporter di dalam stadion selama lima laga.

Komisi Disiplin PSSI sudah menetapkan bahwa Bobotoh tidak boleh mendukung Persib Bandung secara langsung di dalam stadion selama lima laga. Hukuman itu imbas dari kericuhan yang terjadi di Gelora Bandung Lautan Api saat menjamu Persija.

Namun, keputusan komdis PSSI itu dipersepsikan berbeda oleh manajer Persib, Umuh Muchtar, yang menyebut Bobotoh masih boleh mendukung Persib di stadion asalkan tanpa atribut klub. Hal itu dimuat langsung di situs resmi klub Persib.

“Itu bukan tanpa atribut, penonton tak boleh masuk. Itu artinya mereka takkan didampingi penonton. Itu yang harus diluruskan bersama. Di web PSSI juga sudah tertera bahwa dilarang untuk pendampingan, maka itu (penonton) tidak boleh memasuki stadion, bukan tanpa atribut,” kata Tisha kepada awak media di Gedung Kemenpora, Selasa sore (1/8/2017).

Hukuman itu sudah dijalankan Persib saat bertandang ke markas Perseru Serui akhir pekan lalu. Hukuman selanjutnya akan mereka jalani saat menghadapi PS TNI di laga kandang, Arema FC serta Sriwijaya FC laga tandang, dan melawan Persegres Gresik United di kandang.

“Itulah dinamika klub di Indonesia, yang harus lebih dewasa dalam menerima hal ini. Saya akan coba komunikasi lebih lanjut. Saya rasa itu sudah jelas dan tertera di web PSSI (tanpa penonton),” tegas Tisha.

(cas/mfi)


NO COMMENTS