Makassar – PSM Makassar harus membagi timnya menjadi dua lantaran mengikuti dua turnamen pramusim dalam waktu bersamaan. PSM pun menjadikan Piala Presiden 2018 sebagai ajang untuk menguji para pemain mudanya.

PSM memilih untuk lebih fokus ke Makassar Super Cup Asia yang akan digelar pada Jumat hingga Minggu (19-21 Januari 2018) di Stadion Andi Mattalatta. Turnamen tersebut diikuti oleh empat tim, yaitu PSM, Home United (Singapura), Adelaide United (Australia), dan Ministry of National Defense FC (Kamboja). Bagi PSM, turnamen ini merupakan kesempatan untuk menjajal tim-tim dengan kekuatan setara hingga di atas mereka.

Pada saat yang bersamaan, PSM tetap ambil bagian di Piala Presiden 2018. Mereka masuk Grup A bersama Persib Bandung, Sriwijaya FC, dan PSMS Medan. Pada laga pertama, Selasa (16/1/2018), PSM takluk 1-2 dari PSMS.

Pelatih PSM, Robert Rene Alberts, menjelaskan bahwa timnya memang mengirim pemain-pemain muda dan pemain-pemain seleksi ke Piala Presiden 2018. Pemain seleksi yang dibawa PSM antara lain Muchlis Hadi Ning Syaifulloh dan Ahmad Hari.

“Kami utamakan Makassar Super Cup Asia dan pemain muda yang butuh menit perkembangan akan kita kirim ke Bandung,” jelas Robert Rene Alberts di Makassar, Kamis (18/1/2018).

Robert Rene Alberts juga menyebut Piala Presiden kurang pas sebagai turnamen pramusim karena durasinya yang cukup lama.

“Kita punya potensi untuk menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Tapi kita melakukan hal yang sama tiap tahunnya. Kita jalan di tempat. Kita harus ganti pendekatan untuk persiapan, seperti tim di Inggris yang datang ke Amerika menggelar satu dua pertandingan sebagai persiapannya. Kita tidak mengambil risiko, hasil bukan yang utama tapi memberikan kesempatan yang utama bagi pemain-pemain muda,” katanya.

(mfi/raw)


NO COMMENTS