Jakarta – Kegilaan publik Indonesia pada sepakbola mendapatkan pujian. Para suporter tanah air pun disebut bukan sebagai suporter sepakbola yang biasa.

Hal itu seperti diungkapkan oleh pembawa acara-acara konten Premier League, John Dykes. Beberapa klub Liga Inggris, seperti Red Devils, memang mempunyai basis pendukung yang banyak di Indonesia.

Hal itu diperkuat dengan hasil survei dari AC Nielsen, yang menyebutkan sebanyak 77 persen penduduk Indonesia menggandrungi sepakbola.

“Sebenarnya bukan sekadar penggemar Liga Inggris di Indonesia, tetapi suporter sepakbola Indonesia. Saya telah menghabiskan banyak waktu di Asia Tenggara dan Asia. Saya bisa katakan penggemar sepakbola Indonesia sangat berbeda,” kata Dykes, ketika pewarta bertanya perbedaan fans sepakbola Indonesia dengan fans liga Inggris di negara-negara lainnya.

“Berbeda dalam arti karena mereka (suporter Indonesia) memiliki sejarah panjang tentang cara mengatur liga sepakbola yang kembali ke klub sejak 1915, 1917, sampai 1920. Sehingga hal itulah yang akhirnya melekat dan mengakar di hatinya,” ujar Dykes lagi.

“Ini memang bukan hal yang baru atau terjadi belakangan ini. Oleh karena itu, saya bila katakan penggemar sepakbola berbeda karena mereka adalah pendukung sejati yang penuh gairah,” dia menambahkan.

John datang ke Indonesia untuk mempromosikan programnya ‘The John Dykes Show’. Dia berharap acara itu bisa menjadi sarana menambah pengetahuan pecinta sepakbola di Indonesia.

(mcy/cas)


NO COMMENTS