Selayang – Pelatih timnas Timor Leste Kim Shin-hwan menilai Vietnam yang terkuat di Asia Tenggara. Setelah itu Thailand, Indonesia, dan Malaysia.

Timnas-timnas sepakbola Asia Tenggara saat ini sedang bertarung memburu status yang terbaik di SEA Games 2017 di Kuala Lumpur. Indonesia, yang berada di Grup B, tergabung dalam grup sulit bersama Vietnam dan Thailand.

Sementara tuan rumah Malaysia ada di Grup A dengan pesaing terkuat Myanmar dan Singapura. Hanya dua tim dari masing-masing grup akan lolos ke semifinal.

Sejauh ini baru Myanmar yang sudah memastikan lolos, usai memenangi tiga pertandingan yang dijalaninya. Malaysia berpeluang menyusul jika bisa unggul di partai ketiganya.

Sementara di Grup B persaingan lebih ketat. Vietnam kini memimpin dengan sembilan angka, mencetak total 12 gol dan jadi tim terproduktif. Indonesia dan Thailand menyusul di posisi dua dan tiga dengan nilai tujuh.

Secara sejarah, umumnya persaingan utama melibatkan Vietnam, Thailand, dan Indonesia dengan Thailand nyaris selalu jadi favorit. Tapi pelatih Timor Leste Kim Shin-hwan menilai saat ini Vietnam adalah yang terkuat dan favorit di Asia Tenggara.

“Saya kira paling kuat itu Vietnam. Karena mereka mungkin sudah beberapa tahun terbentuk bersama-sama. Sebelum ke sini, mereka latihan di Korea dua minggu. Vietnam paling kuat di ASEAN sekarang,” ujar Kim seusai laga melawan Indonesia.

“Thailand, Indonesia, Malaysia mungkin sama, sedikit saja bedanya. Yang penting itu mental. Untuk main baik, mental penting,” sambungnya.

Timor Leste sendiri sudah dipastikan tersingkir karena selalu takluk di tiga pertandingan yang dijalani sejauh ini.

(raw/mrp)


NO COMMENTS