Jakarta – Bali United mengawali kiprahnya di Liga Champions Asia (LCA) dengan menghadapi Tampines Rovers FC. Berikut profil singkat lawan Serdadu Tridatu itu.

Bali United mendapat jatah LCA 2018 dan memulainya dari babak kualifikasi ketiga. Mereka menjamu Tampines di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Selasa (16/1/2018).

Tampines merupakan klub asal Singapura yang musim lalu jadi runner up S.League, kompetisi tertinggi klub sepakbola Singapura. Mereka punya lima gelar S.League yang diraih pada musim 2004, 2005, 2011, 2012, dan 2013.

Di level Asia, Tampines sudah tiga kali tampil di LCA yakni pada musim 2014, 2016 dan 2017. Klub berjuluk The Stags itu belum sekalipun lolos ke fase grup.

Sementara di Piala AFC, Tampines sudah cukup berpengalaman. Mereka sudah tampil sembilan kali dengan prestasi terbaiknya melangkah sampai perempat final. Dari segi rangking, Tampines menempati posisi 71, sementara Bali United masih di posisi 128.

Di kubu pemain, Tampines punya penggawa yang mengenal betul klub Indonesia. Dia adalah Khairul Amri, yang pernah memperkuat Persiba Balikpapan pada musim 2010/2011.

Khairul pun bertekad membawa timnya lolos kualifikasi. Meski begitu, ia menyadari menghadapi Bali di depan pendukungnya bakal sulit.

“Saya pikir yang pertama kami harus tenang karena saya tahu sedikit tentang sepak bola Indonesia. Kemudian jika bisa menahan mereka di babak pertama, maka kami bisa coba melakukan serangan balik, itu akan menyulitkan mereka dan mudah bagi kami,” kata Khairul di laman web situs resmi AFC.

“Kepada rekan-rekan, saya beri tahu apa yang akan terjadi. Mereka akan menekan kami sejak awal, karena tahu tim saya selalu berusaha mencari gol dengan cepat di mana itu membuat kami nyaman. Kalau kami bisa menahan mereka, itu akan membuat mereka lebih frustrasi. Saya sangat menikmati waktu saya di Indonesia, terutama keriuhannya.”

“Selama saya di Indonesia, kami suka bermain d rumah, sekitar 90 persen kemenangan terjadi di rumah. Saya pikir ini bukan suatu keuntungan sebab setiap pemain ingin main di kandang. Ini akan sulit, tapi kami siap,” ucapnya menambahkan.

(yna/krs)


NO COMMENTS