Pesepakbola kelahiran Shrewsbury itu mempunyai perjalanan karier yang cukup unik. Itu karena ia awalnya dibina di akademi Red Devils dan kemudian hijrah ke The Reds, hingga akhirnya mendapatkan kontrak profesional dari The Reds. Padahal MU dan The Reds merupakan lawan klasik.

Perjalanan Guthrie sebagai pesepakbola tak selalu mulus. Ia sempat mengalami jatuh bangun serta menjadi pesakitan saat berseragam Newcastle United pada 2008, setelah melakukan tekel keras kepada pemain Hull City, Craig Fagan.

Akibatnya, Guthrie menjadi bulan-bulanan media Inggris dan fans Hull City karena Fagan mengalami patah kaki. Hal ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan karier Guthrie jadi menurun.

Namun, Guthrie tak larut dalam kesedihan. Ia berhasil mengantarkan Newcastle promosi ke kasta teratas Liga Inggris setelah sempat terdegradasi di musim sebelumnya.

Keputusan Mitra Kukar mendaratkan Guthrie juga dirasa tepat, mengingat ia punya segudang pengalaman dan tentu sudah paham betul dengan karakteristik sepakbola yang sangat maju. Apalagi, usianya juga masih 30 tahun, belum terlalu tua untuk seorang pemain tengah.

Salah satu alasan yang membuat Guthrie menjatuhkan pilihan memperkuat Mitra Kukar karena dorongan dari istrinya Rebecca. Wanita yang dinikahinya pada 2012 itu sangat suka dengan keadaan alam Indonesia.

“Istri saya sangat suka dengan Indonesia, khususnya Bali. Itu yang membuat saya menerima tawaran bermain di sini,” ujar Guthrie.

NO COMMENTS