Jakarta – Indonesia belum mampu lagi merebut medali emas SEA Games. Bagaimana peluang Skuat Garuda di tahun ini yang harus berbagi grup dengan Thailand dan Vietnam?

Tahun 1991 menjadi kali terakhir Indonesia berjaya di cabang sepakbola SEA Games. Ketika itu di Filipina, Indonesia meraih medali emas setelah mengalahkan Thailand melalui adu penalti dengan skor 4-3 (0-0).

SEA Games 2017 kini sudah di depan mata. Indonesia dijadwalkan akan bertolak ke Malaysia pada 12 Agustus mendatang. Di SEA Games kali ini, tim polesan Luis Milla akan bergabung dengan Thailand, Vietnam, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina di Grup B.

Di laga pertama Indonesia akan langsung berhadapan dengan Thailand, yang dianggap sebagai lawan paling berat. Jika melihat rekor pertemuan sejak SEA Games 1977 di Malaysia, Indonesia cuma bisa unggul empat kali, sebanding satu kali, dan menyerah 13 kali atas Thailand dari 18 pertemuan.

Dua dari empat kemenangan Indonesia didapat lewat adu penalti, yang terjadi pada tahun 1989 dan 1991. Di tahun 1991, kemenangan adu penalti Indonesia terasa sangat spesial lantaran terjadi di final dan sekaligus jadi gelar terakhir tim Garuda di SEA Games.

Satu-satunya kemenangan meyakinkan Indonesia dari Thailand terjadi saat SEA Games 2011 di Jakarta. Ketika itu tim besutan Rahmad Darmawan mengalahkan The War Elephants dengan skor 3-1.

Di SEA Games 2017 nanti, Indonesia punya peluang untuk mengalahkan Thailand. Pada pertemuan terakhir, Evan Dimas dkk. berhasil menahan sebanding Thailand 0-0 di Kualifikasi Piala Asia U-23.

Di laga kedua Indonesia akan berhadapan dengan Filipina. Indonesia punya catatan yang oke melawan tim itu. Tim Merah Putih berhasil unggul lima kali dan sebanding satu kali sejak bertemu di SEA Games pada 1977. Kemenangan terbesar Indonesia atas Filipina didapat saat tahun 1989 dengan skor 5-1.

Sementara itu, di laga ketiga Indonesia berhadapan dengan Timor Leste. Kedua tim ini baru bertemu satu kali di ajang SEA Games dengan skor 0-0. Kedua tim jarang bertemu lantaran olah tubuh sepakbola Timor Leste baru pertama kali tampil di SEA Games pada 2009.

Di laga selanjutnya Indonesia akan melawan Vietnam. Dari sepuluh pertemuan terakhir di SEA Games sejak 1991, Indonesia mampu unggul sebanyak lima kali, sebanding satu kali, dan menyerah empat kali.

Dari seluruh pertemuan antara Indonesia dan Vietnam di SEA Games, cuma ada satu laga yang ke dua tim bisa saling membobol gawang, yaitu saat laga berakhir dengan skor 2-2 pada 1997. Catatan tersebut seolah mengambarkan bahwa pertemuan Indonesia dengan Vietnam ini nantinya akan kembali ketat.

Indonesia punya kans besar meraih kemenangan di laga terakhir saat bertemu Kamboja. Sejak SEA Games 1995, Indonesia selalu meraih kemenangan atas Kamboja di enam pertemuan. Kemenangan paling mencolok di dapat pada 1995 dengan skor 10-0.

Nah, dengan melihat seluruh catatan pertemuan di atas, Indonesia punya peluang lolos ke semifinal jika tidak mengalami kekalahan dari Vietnam. Sebab, di atas kertas seharusnya Indonesia bisa membungkam Kamboja, Timor Leste, dan Filipina.

Selain memastikan tidak menyerah dari Vietnam, Indonesia harus mampu mencetak gol sebanyak-banyak saat berjumpa lawan yang relatif lebih ringan. Sebab, tim yang punya poin sama akan berada di posisi yang lebih baik jika punya selisih gol lebih besar.

Mampukah Indonesia melewati babak grup di SEA Games? Menarik untuk kita nanti.

(din/cas)


NO COMMENTS