Kuala Lumpur – Akan ada perubahan formasi timnas Indonesia pada laga melawan Vietnam di SEA Games 2017. Indonesia juga diinstruksikan untuk memaksimalkan bidang sayap.

Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam pada pertandingan keempat SEA Games 2017 di Selayang Municipal Council Stadium, Selayang, Selasa (22/8/2017). Dari tiga laga sebelumnya, tim asuhan Luis Milla itu sudah mengumpulkan tujuh poin setelah bermain setara 1-1 dengan Thailand, lalu mengalahkan Filipina 3-0 dan Timor Leste 1-0.

Sementara itu, Vietnam sejauh ini masih sempurna. Mereka memetik tiga kemenangan berturut-turut, masing-masing atas Timor Leste 4-0, Kamboja 4-1, dan Filipina 4-0.

Pada laga melawan Vietnam, Indonesia tak akan diperkuat oleh salah satu pemain tengah andalannya, Evan Dimas, yang terkena akumulasi kartu kuning. Namun, Hargianto sudah pulih dari cedera dan siap main lagi.

Asisten pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti, mengungkapkan bahwa Indonesia akan tampil dengan formasi berbeda saat bertemu Vietnam.

“Ya akan ada perubahan formasi karena ada empat atau lima posisi yang berubah. Tadi ada pertama latihan spesifik untuk pemain belakang, saat bertahan bagaimana, saat antisipasi crossing seperti apa. Lalu ada latihan spesifik untuk menyerang. Ada Andi Setyo dan Ryuji, serta Yabes Roni dan Ezra Walian,” ujar Bima dalam rilis yang diterima detikSport.

“Memang tadi pelatih menyampaikan latihan tidak seperti biasa karena kemarin sudah bertanding berat dan besok adalah pertandingan besar dan penting. Pelatih menyampaikan sebelum latihan mereka harus enjoy, boleh bercanda yang penting fokus. Sudah banyak masukan dari Evan, Hargi(anto), dan Hansamu (Yama) mengenai pemain yang harus diwaspadai. Yang pasti pelatih sudah mengingatkan pemain harus kompak selalu, baik saat menyerang atau pun bertahan. Jadi bertahan atau tidak kita semua bertanggung jawab bersama-sama,” imbuh Bima.

Bima menambahkan, untuk laga melawan Vietnam, Indonesia akan memaksimalkan serangan-serangan dari sisi sayap. Di bidang ini, Indonesia memiliki Febri Hariyadi, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay, dan Yabes Roni.

“Kita jelas akan memaksimalkan sayap-sayap kita. Yang penting konsentrasi bagaimana bertahan, kenapa tim ini performa bagus sekarang, karena pelatih menilai tim ini punya kerja sama terutama dalam bertahan,” katanya.

(mfi/rin)


NO COMMENTS