Jakarta – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Pemuda dan Sport (Kemenpora) menggulirkan Liga Desa Nusantara (LSN) 2017. Kickoff mulai dilakukan pada hari Rabu (22/11/2017) ini.

Pembukaan LSN 2017 dilakukan di Lapangan Desa Gintung Kerta, Karawang, Jawa Barat. Kickoff dihadiri Staf Special Menteri Desa PDTT Syaiful Huda, Asdep Organisasi Kepemudaan Kemenpora dan Pengawasan Kepramukaan Sanusi, dan Wakil Bupati Karawang Jimmy A. Zamakhsari.

LSN sendiri akan lebih dulu digelar di seri region yang melibatkan 16-32 desa. Nantinya putaran nasional bakal berlangsung pada awal Desember. LDN 2017 sendiri digelar di 12 kabupaten di Jawa Barat dan 4 kabupaten di Banten.

“Memang masih terbatas pesertanya karena tahun ini merupakan pilot project LDN,” kata Direktur Pelayanan Sosial Dasar Kemendesa Etty Diana, yang juga menjadi penanggung jawab LDN 2017.

“Para pemenangnya nanti akan tampil di Seri Nasional pada awal Desember,” ujar Ketua Panitia LDN 2017 Herie Firdausy menambahkan.

Untuk teknis pelaksanaan kompetisi, LDN menggandeng konsultan sepakbola Kusnaeni dari Manajemen Kompetisi. Atas masukan dari konsultan inilah LDN 2017 ditetapkan diikuti para pemain kelahiran tahun 1997 atau sesudahnya (U-20).

“Kami berharap LDN 2017 bisa sukses dan lancar di semua Region,” ucap Syaiful Huda.

“Apa yang kami dapatkan pada pilot project tahun ini akan menjadi modal bagi penyelenggaraan LDN yang lebih baik dan diikuti lebih banyak provinsi pada tahun-tahun selanjutnya,” katanya.

(ads/krs)


NO COMMENTS