Jakarta – Egy Maulana Vikri menjadi incaran banyak klub-klub di Indonesia. Namun penggawa Timnas Indonesia U-19 itu disarankan merumput di luar negeri.

Nama Egy bersinar bersama Timnas U-19 ketika tampil di Piala AFF U-18 2017 lalu. Pemain asal Medan itu menjadi salah satu pemain kunci skuat besutan Indra Sjafri.

Egy bahkan menjadi pencetak gol terbanyak dengan catatan delapan gol. Dia juga sempat menyabet gelar Jouer Revelation Trophee, julukan bagi pemain yang paling berpengaruh saat tampil di Toulon Turnament Prancis beberapa waktu lalu.

Sejumlah klub pun mulai terbuka menyatakan ketertarikannya, di antaranya Persib Bandung dan Persija Jakarta. Belakangan, pemain 17 tahun itu dikabarkan didekati salah satu klub di Jawa Timur.

Pengamat olah tubuh Akmal Marhali menilai sebaiknya Egy jangan mudah tergiur dengan tawaran klub-klub Lokal. Sebabnya, dengan skill dan potensi yang dimiliki Egy sangat disayangkan jika tidak dijaga dengan baik.

“Egy lebih baik bermain di kompetisi luar negeri untuk meningkatkan kemampuannya dan menimba ilmu pengalaman. Sebaiknya jangan main di Liga Indonesia,” ujar Akmal.

“Karena apa? Di sini kolamnya sangat kotor. Bibit potensial yang dia punya bila bermain di kolam kotor bisa-bisa bukan tambah besar, tapi malah ‘sakit’,”

Oleh karena itu, Egy disarankan agar tidak salah dalam menentukan pilihan, meski Egy juga sudah menegaskan ingin fokus ke sekolah lebih dulu.

“Intinya, Egy jangan puas diri, jangan mudah tergoda dengan iming-iming uang besar tapi merusak mental,” lanjut dia.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh pemain Leo Saputra. Eks penggawa Persija Jakarta itu berharap Egy bisa merumput di luar negeri.

“Sisi kehidupan atlet yang harus dipikirkan. Kalau bisa ke luar negeri, jangan di sini. Karena nasib atlet itu pendek umurnya. Sudah waktunya go internasional, kalau ada klub luar, arahkan pandangan ke luar saja jangan Lokal. Di luar negeri disiplinnya jelas dan mentalnya bagus,” kata Leo.

===

Mau kenal lebih dekat dengan Egy Maulana Vikri? Tonton d’hapenning bersama Egy ‘Wonder Kid Indonesia’ hanya di detikcom dan detikSport, Rabu (27/9/2017), pukul 14:00 WIB.

(ads/din)


NO COMMENTS