Oslo – Tuntas sudah gelaran Homeless World Cup 2017 di Norwegia. Indonesia memastikan finis posisi lima dunia usai mengalahkan Portugal 6-5.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Oslo City Hall, Selasa (5/9/2017) sore waktu setempat, timnas Indonesia dan Portugal bertanding ketat di lapangan yang basah akibat hujan. Skor sempat sama kuat 5-5 dan laga menyisakan hanya 95 detik.

Saat itulah Gian Sopian alias Izur menjadi penentu kemenangan Indonesia. Sepakannya menyambut bola mental hasil tendangan Rinaldi Zainal masuk ke gawang Portugal dan membuat para WNI yang datang mendukung bersorak.

Kemenangan ini memastikan Indonesia finis kelima di gelaran HWC 2017 dari 48 negara peserta. Brasil merebut gelar juara usai mengalahkan Meksiko, sementara Rusia mendapatkan tempat ketiga dan Chile di posisi empat. Posisi tujuh dan delapan ditempati Bosnia & Herzegovina dan Republik Irlandia.

Finis kelima ini merupakan hasil terbaik kedua tim Indonesia di HWC setelah menempati urutan empat dunia di tahun 2012. Tahun lalu, Indonesia finis di posisi tujuh.

Foto: Djuli Pamungkas/ Dok. Rumah Cemara

Kejuaraan Homeless World Cup (HWC) diadakan pertama pada 2003 di Graz, Austria. Turnamen ini digelar untuk memperbaiki permasalahan sosial terkait ketunawismaan seperti konsumsi NAPZA, penularan HIV-AIDS, kemiskinan, dan kurangnya akses terhadap pendidikan.

HWC diadakan setiap tahun, sebuah kompetisi sepak bola internasional yang mempersatukan lebih dari 300 ribu orang yang punya permasalahan terkait ketunawismaan dan yang termarginalkan secara sosial, untuk mendapatkan kesempatan sekali seumur hidupnya mewakili negaranya serta mengubah kehidupannya.

Catatan prestasi Indonesia di HWC:

– HWC 2011 di Perancis: Posisi 6 Dunia / Best Player/ Best Newcomer Team
– HWC 2012 di Meksiko: Posisi 4 Dunia / Best Coach
– HWC 2013 di Polandia: Posisi 8 Dunia
– HWC 2014 di Chile: Posisi 10 Dunia/ Best Player
– HWC 2015 di Belanda: Juara Amsterdam Cup
– HWC 2016 di Skotlandia: Posisi 7 Dunia/Best Goal Keeper

(raw/krs)

NO COMMENTS