Bangkok – Kemenangan atas Laos memastikan tim nasional Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2018. Ini kata pelatih Fakhri Husaini terkait kesuksesan itu.

Indonesia unggul 3-0 di partai keempatnya dalam fase kualifikasi di Rajamangala Stadium, Bangkok, Jumat (22/9/2017). Hasil itu membuat Indonesia tak terkalahkan dan cuma kebobolan satu gol (25-1) dalam empat pertandingannya di Grup G.

Sebelum ini, dari awal turnamen, Indonesia secara berturut-turut melumat Kepulauan Mariana Utara dengan skor 18-0, lalu mengalahkan Timor Leste 3-1, dan Thailand dengan 1-0.

Indonesia pun memastikan tiket ke putaran final Piala Asia U-16 yang digelar di Malaysia pada 20 September-7 Oktober 2018 mendatang. Satu negara lain yang sudah pasti tampil di babak utama tersebut adalah Malaysia selaku tuan rumah.

“Alhamdulillah saya amat sangat bangga dan bahagia tim kami bisa memenangkan semua pertandingan di kualifikasi,” kata Fakhri dalam rilis yang diterima detikSport.

“Saya sangat hargai perjuangan anak-anak yang tanpa kenal lelah dengan determinasi tinggi mereka bermain berusaha demi bangsa dan negara. Tuntas sudah perlawanan kami dengan Thailand dan Laos, keduanya bisa kami taklukkan kali ini.”

“Persiapan kami setelah ini adalah kami melakukan evaluasi, apakah ada pemain yang diganti atau masih layak untuk dipertahankan, mengingat Indonesia adalah negara yang luas dengan banyaknya bakat serta talenta-talenta tinggi tersebar di semua daerah,” ucapnya.

Saat melawan Laos, Fakhri melakukan sejumlah rotasi. Pemain yang belum dapat waktu tampil pun diberikan kesempatan bermain. Ia puas dengan keputusan tersebut.

“Kunci pertandingan kali ini saya mengganti pemain yang jarang diturunkan. Keinginan yang kuat dari anak-anak mewujudkan hal ini. Saya tidak terlalu banyak mengganti pemain dalam tiap-tiap pertandingan,” kata Fakhri.

“Tidak lupa saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada semua pendukung kami yang ada di Indonesia terutama yang mendukung kami langsung di stadion. Kemenangan ini kami persembahkan untuk mereka para pendukung kami,” tuturnya.

(krs/krs)


NO COMMENTS