Bandung – Persib Bandung meraih poin penuh setelah menundukkan Persiba Balikpapan 1-0, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (11/6/2017). Gol dari Raphael Maitimo pada menit ke-88 menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut.

Pada babak pertama, permainan kedua tim di menit-menit awal laga berjalan lambat. Kedua tim terlihat masih saling membaca pola permaianan sambil sesekali melakukan serangan. Permainan keras juga sempat tersaji di awal laga.

Kubu tuan rumah sempat mendapat sejumlah peluang. Seperti pada menit kedua melalui tendangan bebas dari Dedi Kusnandar yang langsung mengarahkan bola ke kotak 12 pas Persiba. Michael Essien menyambut umpan tersebut, namun masih melambung di atas mistar gawang.

Persib kembali mendapat peluang di menit keenam. Shohei Matsunaga menusuk di sisi kanan benteng Persiba yang diakhiri umpan ke dalam kotak 12 pas. Umpan itu berhasil diterima oleh Billy Keraf yang berdiri bebas. Namun, kembali gagal dimaksimalkan dengan baik.

Memasuki menit ke-11, giliran kubu tuan rumah yang mendapat tekanan. Berawal dari sebelah kiri benteng Persib, Tedi Hasanudin berhasil memberi umpan ke dalam kotak 12 pas yang disambut sundulan kepala Marlon Da Silva. Beruntung buat Persib, sundulan Marlon masih bisa ditepis I Made Wirawan.

Pada menit ke-20, benteng ‘Maung Bandung’ kembali berhasil ditembus skuat ‘Beruang Madu’. Heri Susanto berhasil masuk dari sisi kanan benteng Persib dan memberi umpan. Namun Wildansyah berhasil menghalau.

Sejumlah peluang berhasil diciptakan oleh kedua tim. Hingga babak pertama berakhir, tidak ada gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua, Persib langsung melakukan pergantian pemain. Atep Rizal masuk menggantikan Billy Keraf dan Tantan masuk menggantikan Angga Febryanto Putra, sementara Maitimo masuk di pertengahan babak kedua.

Sementara kubu Persiba juga melakukan sejumlah pergantian. Seperti Robi Kriswantoro masuk menggantikan Tedi Hasanudin, Siswanto menggantikan Anmar Almubaraki, dan Fengky Turnado mengganti Alfath Faathier.

Babak kedua berlangsung seru dengan sejumlah peluang tercipta untuk kedua tim. Seperti pada menit 74 Persib mendapat peluang. Saat itu Matsunaga mengirim umpan ke kotak 12 pas yang disambut oleh Essien tapi masih melambung di atas mistar.

Sebetulnya Persib mendapat peluang emas untuk mencetak gol. Di menit 81 Persib mendapat hadiah penalti. Vladimir Vujovic dipercaya untuk mengeksekusi penalti tersebut, namun ditepis oleh Kurniawan Kartika Ajie.

Baru di menit 88, Persib berhasil membobol gawang Persiba. Memanfaatkan umpan dari Wildansyah, melalui sundulannya Maitimo berhasil melesakan bola ke gawang Persiba. Persib unggul 1-0.

Hingga pertandingan berakhir tidak ada lagi gol yang tercipta. Gol dari Maitimo menjadi satu-satunya gol dalam laga ini dan memenangkan Persib.

Dari kemenangan ini, Persib merangsek naik ke posisi enam di klasemen sementara Liga 1 dengan 16 poin dari sepuluh laga. Mereka berjarak empat poin dari PSM Makassar yang menjadi pemimpin klasemen. Adapun Persiba tetap berada di dasar klasemen dengan poin empat.

(mfi/fem)


NO COMMENTS