Solo – Turnamen sepakbola wanita Bengawan Cup 2017 kembali digelar. Kementerian Pemuda dan Sport berharap ajang tersebut bisa dijadikan seleksi untuk mencari pemain yang dipersiapkan di Asian Games 2018.

Bertempat di Lapangan R Maladi Sriwedari, Solo, Minggu (17/12/2017), turnamen yang berlangsung pada 17-22 Desember itu resmi dibuka. Seremoni kick off dilakukan Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, mewakili Menpora Imam Nahrawi.

Kick off pertama dalam turnamen ini dilakukan dalam laga Putri Surakarta menghadapi Jakarta 69. Dalam sambutannya, Gatot menaruh menghargai tinggi akan perhelatan yang sudah masuk dalam kegiatan tahun ketiga tersebut.

“Pertama-tama tentu saya selaku perwakilan dari pemerintah mengapreisiasi setinggi-tingginya akan perhelatan ini, sebab di tengah hiruk pikuk Liga 1 dan Liga 2, ada event untuk wanita,” ucap Gatot.

“Kita tahu bahwa event untuk sepakbola wanita masih kurang. Meskipun seminggu yang lalu PSSI baru saja menggelar Pertiwi Cup tapi saya rasa sepakbola untuk wanita masih kurang,” kata dia.

Bengawan Cup Digelar Lagi, Kemenpora Dorong Persiapan Asian GamesFoto: Amalia Dwi Septi

Gatot menilai kembali berlangsungnya Bengawan Cup sebagai langkah positif khususnya dalam menyongsong Asian Games. Gatot menyebut Bengawan Cup dapat dijadikan bahan pembentuan kerangka Timnas Sepakbola Wanita Indonesia.

“Saya harap harus ada keberlanjutan dalam event seperti ini. Apalagi kita menyongsong Asian Games yang dimana salah satu dari enam Pertandingan yang progresion adalah sepakbola wanita. Jadi kalau tak ada warming up seperti ini saya takut kita hanya menyaksikan saja,” ucap Gatot.

“Selepas ini saya harap PSSI lebih care untuk kepentingan sepakbola wanita untuk lebih diperhatikan. Dan Semoga acara yang berlangsung di stadion bersejarah ini membuat peserta punya semangat yang bagus meskipun kita tahu membangun sepakbola wanita di Indonesia perlu dengan kerja keras ektra,” tuturnya.

(ads/krs)


NO COMMENTS