Jakarta – Timnas Indonesia U-16 akan berusaha di ajang Kualifikasi Piala Asia U-16 2017. Mereka diharapkan belajar dari kesalahan timnas seniornya soal pengedalian diri dan emosi.

Pelajar terbaru tentang pentingnya menjaga emosi dan mengendalikan diri di atas lapangan datang di semifinal Piala AFF U-18. Indonesia harus bermain dengan 10 orang di sepanjang babak kedua setelah Saddil Ramdani di kartu merah jelang babak pertama tuntas.

Saddil terpancing emosinya saat dia diterjang dari belakang menggunakan lutut. Mengaku refleks, Saddil lantas menyikut pemain lawan, kartu merah pun diacungkan wasit padanya. Padahal Saddil baru berada di lapangan sekitar satu menit sebagai pengganti Feby Eka Putra.

Akibat kartu merah tersebut, timnas Indonesia harus bermain dengan 10 orang. Meski tampil penuh semangat dan merepotkan Thailand di paruh kedua, Garuda Muda pada akhirnya ant menang 2-3 dalam adu penalti dari Thailand.

Perihal yang menimpa Saddil bukan pertama kalinya terjadi. Pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 dan SEA Games, beberapa pemain juga diganjar kartu merah lantaran tak mampu mengendalikan diri.

Mereka adalah Asnawi Mangkualam Bahar yang mendapatkan kartu merah setelah melakukan tackling keras. Ketika itu, timnas Indonesia sedang menghadapi Malaysia.

Lalu, Hanif Sjahbandi. Pemain Arema FC itu menyikut pemain Vietnam yang membuatnya diganjar kartu kuning kedua saat babak penyisihan grup.

Beberapa nama lainnya adalah Hansamu Yama Pranata, Marinus Manewar dan M Hargianto yang mendapatkan kartu kuning kedua sehingga ketiganya tak bisa tampil memperkuat Indonesia di laga semifinal melawan Malaysia akibat akumulasi kartu.

Persoalan sikap tersebut diakui menjadi masalah tersendiri di timnas Indonesia. Dengan usia yang masih muda, para pemain kerap sulit mengendalikan sikap dan emosi. Oleh karena itu, timnas U-16 membawa psikolog agar bisa membantu memperbaiki sikap dan emosi pemain.

“Kami Ajak psikolog untuk menemani anak-anak karena mereka kan masih muda. Mereka terkadang suka labil. Kami ingin ada perbaikan mental dan emosi,” kata manajer timnas U-16 Kelik Wirawan.

Timnas U-16 bakal menghadapi laga perdana Kualifikasi Piala Asia U-16 dengan menghadapi Kepulauan Mariana pada Sabtu (16/9/2017) malam ini.

(ads/din)

NO COMMENTS