Barca – Formasi 3-4-3 bukanlah hal asing sebenarnya bagi Barca. Tapi untuk saat ini para pemain Los Cules harus membiasakan diri lagi dengan formasi itu.

Di era Louis van Gaal dulu melatih Barca, formasi itu begitu kental dengan tim asal Catalan tersebut. Dengan formasi tersebut Barca saat itu begitu disegani dengan total football dan jadi momok untuk setiap lawan.

Tahun demi tahun berjalan, Barca kembali berjaya saat ditangani Pep Guardiola dengan formasi 4-3-3 serta gaya main tiki-taka yang begitu kental dengan kub tersebut sampai saat ini.

Tapi di tangan Luis Enrique dalam tiga musim terakhir ini Barca boleh dikatakan lebih fleksibel di mana beberapa kali melakukan pergantian formasi, termasuk skema 3-4-3- yang belakangan ini tengah dipakai oleh Enrique.

Mulai dipakai saat menghadapi Atletico Madrid pada 26 Februari lalu, tak lama setelah dibantai 0-4 oleh Paris St-Germain, Barca kemudian merangkai empat kemenangan berturut-turut termasuk menggilas 6-1 PSG di leg kedua 16 besar Liga Champions.

Namun, formasi itu lantas disorot usai Barca takluk 1-2 dari Deportivo La Coruna yang membuat mereka kehilangan puncak klasemen. Mereka memang unggul 4-2 atas Valencia akhir pekan kemarin, tapi Barca harus tertinggal lebih dulu dan bahkan Valencia sempat menyamakan skor juga.

Dalam formasi tiga bek itu, Samuel Umtiti, Gerard Pique, dan Javier Mascherano kerap kali meninggalkan celah yang cukup besar dan mampu dieksploitasi lawan. Bahkan Enrique sempat memainkan Jordi Alba di formasi tiga bek itu dalam beberapa pertandingan.

Meski masih meninggalkan lubang di sana-sini, formasi 3-4-3 saat ini dianggap sebagai resolusi terbaik untuk memperbaiki performa tim yang sempat menurun. Kalaupun ada kekurangan, wajar saja mengingat para pemain harus beradaptasi lagi.

“Memang benar kalau sistem ini membuat sisi benteng kami bisa dieksploitasi habis-habisan oleh lawan,” ujar Umtiti seperti dikutip situs resmi Barca.

“Kami harus tahu bagaimana menemukan keseimbangan yang tepat antara bertahan serta menyerang,” sambungnya.

“Memang kemenangan itu yang paling penting dalam beberapa kesempatan. Saya senang mampu meraihnya secara rutin, tapi ini semua berkat kerja tim. Saya berharap rentetan ini mampu dilanjutkan.”

(mrp/raw)


NO COMMENTS