Jakarta – Red Devils akhirnya keluar dari belenggu yang sudah menjerat mereka dalam empat bulan terakhir. Di pekan ke-29 ‘Setan Merah’ naik ke urutan lima klasemen.

MU sudah sangat lama berada di posisi enam klasemen. Situs Transfermarkt mencatat kalau anak didik Jose Mourinho mulai menempati urutan enam pada pekan ke-11, usai menundukkan Swansea dengan skor 3-1.

Setelah kemenangan di Liberty Stadium itu MU sebenarnya menjalani tren yang impresif di Liga Inggris. Mereka tak terkalahkan di 15 pertandingan secara berturut-turut (W8 D7). Tapi tetap saja mereka tak beranjak dari tangga ke-6.

Baru di pekan ini MU bisa keluar dari posisi enam. Kemenangan atas Middlesbrough dan dibarengi kekalahan The Gunner atas West Bromwich Albion membuat The Red Devils kini naik ke posisi lima.

Jika ditotal maka MU berada di posisi enam klasemen selama sekitar empat bulan dan melewati 18 pekan Premier League.

Sementara itu, Opta mencatat kalau ini adalah untuk kali pertama dalam 184 hari ke belakang MU berada di posisi lima besar. Kali terakhir mereka ada di sana adalah pada 16 September 2016 – beberapa hari sebelum tunduk 1-3 dari Watford.

Naik ke posisi lima melebarkan lagi jalan MU untuk dapat tiket ke Liga Champions musim depan. Mengumpulkan 52 poin, MU kini cuma tertinggal empat angka dari The Reds yang berada tepat di atasnya. MU masih punya dua sisa lebih banyak dibanding The Reds.

Satu jalan lain yang dipunya MU untuk masuk Liga Champions adalah via Liga Europa. Caranya, mereka harus menjuarai kompetisi tersebut.

(din/krs)


NO COMMENTS