Jakarta – Indonesia akan menjalani laga uji tanding kontra Myanmar. 24 dari 26 pemain yang masuk skuat Luis Milla siap bikin debut senior pertamanya.

Laga kontra Myanmar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Selasa (21/3/2017) WIB, akan menjadi debut Milla dalam menangani Indonesia.

Selain itu, ada hal menarik lainnya dalam laga ini. Dari 26 pemain U-22 yang dipanggil Milla, 24 pemain bisa membuat debut perdananya di level senior, sebab laga ini masuk dalam level A atau timnas senior, yang hasilnya berpengaruh pada posisi Indoensia di klasemen FIFA.

Dari 26 nama, hanya Evan Dimas dan Hansamu Yama yang sudah menuliskan caps senior. Terakhir, kedua pemain itu ikut terlibat dalam keberhasilan Indonesia menjadi finalis Piala AFF 2016.

Skuat yang akan bertanding besok diyakini akan menjadi rataan usia termuda timnas Indonesia di level senior. Sebab, tak akan ada pemain yang usianya melewati 22 tahun di tim tersebut.

Skuat muda di tubuh timnas senior Indonesia pernah terjadi di leg kedua Pra-Piala Dunia 2010 Zona Asia kala menghadapi Suriah di Allepo tahun 2007. Ketika itu, PSSI meminta Ivan Kolev memainkan pemain U-23 yang dipersiapkan mengikuti SEA Games 2007 di Thailand.

Nama-nama seperti Dian Agus Prasetyo, Fandy Mochtar, Purwoko Pratomo, Muhammad Roby, Ricardo Salampessy, Ardan Aras, Atep, Eka Ramdani, Airlangga, Corneles Geddi, Ian Kabes, Syamsul Bachri, Achmad Jufriyanto, dan Hary Syaputra pun tampil di laga konta Suriah.

Sayangnya, dengan skuat yang terlalu mudah, Indonesia justru dilumat 0-7 oleh Suriah dan membuat agregat pertandingan menjadi 1-11 setelah di leg pertama tumbang 1-4.

Kendati demikian, deretan nama yang dipanggil Kolev sebagaian besar sudah pernah main di level senior sejak 2006. Jadi, jumlah ini akan menjadi yang terbesar dalam 10 tahun terakhir.

Skuat Indonesia di leg kedua vs Suriah 2007:

Dian Agus Prasetyo: usia 22
Fandy Mochtar: 23
Purwoko Pratomo: 23
Muhammad Roby: 22
Ricardo Salampessy: 23
Ardan Aras: 23
Atep: 22
Eka Ramdani: 23
Airlangga Sucipto: 22
Corneles Geddi: 21
Ian Kabes: 21
Syamsul Bachri: 24
Achmad Jufriyanto: 20
Hary Syaputra: 26

(din/din)


NO COMMENTS